Terlalu Mahal, Apple Diminta Turunkan Harga iPhone di India

By: Handayani | Berita IT | 11 Jan 2019 | Dibaca: 1314 kali

Penjualan iPhone di China dan India dikabarkan semakin merosot dibandingkan penjualan ponsel Samsung dan Xiaomi. Mahalnya harga iPhone disinyalir menjadi salah satu penyebab brand ini mulai ditinggalkan konsumen di kedua negara tersebut. Diketahui bahwa harga iPhone teranyar XR yang paling murah adalah US.430. Bahkan perangkat yang sudah dibuat Apple di India seperti  iPhone SE dan iPhone 6S masih tidak terjangkau bagi banyak orang. Harga kedua perangkat masing-masing adalah US0 atau sekitar Rp6,1 juta  dan US0 atau sekitar Rp3,8 juta. Harga tersebut masih dinilai terlalu mahal jika mengacu pada upah tahunan di India yang hanya US ribu. Adapun rata-rata harga ponsel pintar di India dibanderol US0 atau sekitar Rp2.2 juta. Oleh karena itu, Apple disarankan untuk mengurangi harga iPhone di India.

Analis dari Counterpoint Research Neil Shah menyebutkan bahwa kecenderungan Apple untuk mengenakan biaya lebih banyak untuk iPhone di luar Amerika Serikat telah "menyebabkan permintaan melambat. Neil juga menyebutkan bahwa Apple perlu memperbaiki strategi penetapan harganya. Terlebih dikarenakan pesaing global seperti Samsung dan Xiaomi telah menandai India sebagai lahan basah penjualan ponsel pinta. Terhitung satu dari dua ponsel pintar yang terjual berasal dari kedua merek ini. 

Samsung dan Xiaomi diketahui  memasok perangkat yang bersaing dalam kualitas dengan harga yang jauh lebih terjangkau di India. Selain itu kedua mereka tersebut telah menyiapkan operasi manufaktur lokal besar untuk menghindari tarif dan menekan biaya produksi. Hal ini membuat Apple harus membuat rencana baru dalam pemasaran jika tidak ingin produknya semakin tergeser dengan pesaing lainnya.

 

 

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!

© Copyrigth @ BeritaNet.co.id 2019
beritanet.co.id v. 0.0.0.2015