Tiongkok Kembali Bungkam Aplikasi, Kini Giliran Twitch

By: IY**** | Berita IT | 10 Okt 2018 | Dibaca: 119 kali

Tiongkok kembali memblokir platform teknologi. Kali ini, giliran Twicth yang dibungkam. Twicth merupakan layanan video streaming untuk para gamer. Aplikasi ini diketahui tak dapat diakses sejak Minggu lalu di Tiongkok. Lebih dari itu, aplikasi tersebut juga tak bisa diakses di App Store.

Twitch lantas mengkonfirmasi jika hal ini bukan karena kesalahan teknis. Namun, Pemerintah Tiongkok diketahui memutus akses tersebut. Sejauh ini, tak diketahui alasan pemblokiran tersebut.

Sementara itu, sebagaimana dikutipd ari Digital Trends, (24/9/2018), langkah yang ditempuh Tiongkok ini terbilang aneh. Pasalnya, negeri dengan penduduk terpadat di dunia ini juga ikut serta dalam Overwatch League yang menyiarkan pertandingan mereka di Twitch.

Beberapa tim negara itu pun akan ikut dalam Overwatch League pada musim depan, diantaranya tim dari Chengdu, Hangzhou dan Guangzhou. Apabila pemblokiran ini tak juga dibuka hingga event tersebut berlangsung pada musim depan, penonton di negara itu tak akan memiliki cara untuk menikmati pertandingann tim-tim esport lokal. Apalagi mengingat YouTube sudah lama dibungkam, sejak 10 tahun lalu.

Negeri Tirai Bambu memang bukan kali ini saja melakukan pemblokiran aplikasi. Google, Facebook, Apple adalah deretan perusahaan teknologi besar dunia yang juga merasakan sulitanya ‘menembus Tembok China’.

Seperti diketahui, pemerintah setempat memiliki kebijakan yang super ketat terkait internet. Tak mengherankan jika banyak perusahaan teknologi terkena imbas dari kebijakan tersebut. Alasan keamanan kerap menjadi dasar pembungkaman sebuah aplikasi.

Di satu sisi, cara ini memang baik untuk melindungi industri teknologi dalam negeri dari serbuan produk Asing. Akan tetapi, dampak dari hal ini juga tak sedikit. Akibat pelarangan yang ketat tersebut, vendor Tiongkok yang melakukan ekspansi juga akan menemui jalan berliku, karena negara tujuan ekspansi mempertanyakan privasi para pengguna produknya.

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!

© Copyrigth @ BeritaNet.co.id 2018
beritanet.co.id v. 0.0.0.2015