Aplikasi Ini Bantu Menghemat Kuota Data di Ponsel Android

By: IY**** | Software | 26 Jun 2018 | Dibaca: 361 kali

Seiring semakin lumrahnya penggunaan ponsel pintar berbasis Android, kebutuhan kuota internet semakin tinggi. Sayangnya, penggunaan data kuota acap kali tak terkontrol penggunaannya. Salah satu penyebabnya adalah banyak aplikasi di perangkat tersebut yang ‘menguras’ secara diam-diam.

Menjawab tantangan ini, Google mengeluarkan aplikasi yang bisa mengontol pengunaan data kuota. Namanya adalah Datally. Pengujian terhadap aplikasi ini menunjukkan kemampuan menghemat kuota hingga 30 persen.

Tak sulit untuk menggunakan aplikasi ini. Hanya saja, syarat pokoknya adalah Anda harus sudah menggunakan perangkat Android versi ke-5 ke atas. Pengguna bisa mengunduh Datally secara gratis di Play Store.

Aplikasi ini berkerja dengan cara mematikan aplikasi yang menyedot kuota di belakang sistem atau background. Selain itu, aplikasi ini juga menggunakan koneksi VPN untuk menganalisis traffic pengguna.

Untuk mengaktifkan aplikasi ini juga tidak rumit. Usai aplikasi terinstal di perangkat, Anda hanya perlu mengaktifkannya melalui tombol “data saver”. Selanjutnya, aplikasi akan bekerja dengan mengeblok beberapa aplikasi ‘rakus data’ secara otomatis.

Datally tak sekedar ‘menghentikan aplikasi yang rakus data”, tetapi juga memberikan laporan. Aplikasi ini akan memberikan laporan kuantitas data yang digunakan dalam bentuk balon notifikasi yang muncul melalui pop-up. Laporan jumlah data yang dikonsumsi akan terus diberikan selama aplikasi tersebut masih dibuka. Dengan cara ini, pengguna ponsel Android bisa menghentikan aplikasi tersebut jika aplikasi terbukti menyedot banyak kuota.

Pengguna pun tak perlu khawatir jika merasa terganggung dengan notifikasi balon yang muncul dari Datally. Pasalnya, Anda bisa menonaktifkan notifikasi itu di menu pengaturan. Cukup klik setting dan pilih “enable data saver bubble" ke kiri. Untuk mengetahui jumlah data yang terkuras di setiap aplikasi, tiap jam, tiap hari, dan tiap bulan, bisa menyetel dari menu "Manage Data Screen".  Selain kemampuan di atas, Datally  juga bisa melacak koneksi Wi-Fi. Dengan demikian, Anda bisa membuat alternative untuk tetap terhubung dengan internet melalui Wi-Fi dan menghemat kuota data.

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!

© Copyrigth @ BeritaNet.co.id 2018
beritanet.co.id v. 0.0.0.2015