Penelitian Tentang Hubungan Radiasi Ponsel dan Kanker, Begini Hasilnya

By: IY**** | Berita IT | 06 Feb 2018 | Dibaca: 64 kali

Kanker sampai saat ini masih menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakutkan di dunia. Berbagai studi terus dilakukan tak hanya untuk mencari obat penyakit mematikan itu, tetapi juga penyebab kemunculan penyakit tersebut. Dalam beberapa dekade belakangan, muncul premis ihwal korelasi antara radiasi ponsel yang menyebabkan kanker.

Menjawab pertanyaan itu memang tidak bisa berspekulasi. Dibutuhkan penelitian yang mendalam. Dua penelituan pun memaparkan imbas radiasi ponsel pada tikus. Sayangnya, penelitian itu tidak konklusif.

Dalam studi pertama terkait kasus tersebut, ditemukan adanya kenaikan risiko tumor jantung pada tikus jantan, sedangkan tikus betina tidak mengalami masalah yang sama. Menarinya, studi lainnya tidak menemukan tikus dengan masalah serupa.

Dijelaskan bahwa radiasi yang dipaparkan tikus tersebut ke tikus lebih dari paparan radiasi ponsel yang dialami orang dengan penggunaan wajar. Tikus tersebut diekspos dengan radiasi ponsel selama 9 jam setiap hari. Padahal, manusia jarang yang terkena radiasi dengan durasi yang sama.

Hasil studi tersebut menemukan adanya bukti samar tentang meningkatnya kerusakan pada DNA, tumor dan kanker lain pada para tikus. Meski demikian, para peneliti menyampaikan tak ada bukti langsung antara meningkatnya risiko tumor dan radiasi ponsel. Lagi-lagi, penelitian ini disayangkan karena tidak memberikan jawaban yang jelas terkait keamanan publik. Para ahli hanya menyebutkan mereka percaya ponsel masih aman untuk digunakan.

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!

© Copyrigth @ BeritaNet.co.id 2018
beritanet.co.id v. 0.0.0.2015