Pertama dalam Sejarah, Distribusi Smartphone Tiongkok Menurun

By: IY**** | Smartphone | 09 Apr 2018 | Dibaca: 506 kali

Distribusi smartphone di Tiongkok mengalami penurunan sebesar 4 persen dibandingkan pada 2016. Demikian menurut hasil riset Canalys. Penurunan ini merupakan pertama kalinya dalam sejaran distribusi smartphone di Negeri Tirai Bambu.

Data yang lebih rinci menunjukkan dari bulan Oktober hingga Desember 2017, terdapat ponsel masuk sebanyak 113 juta unit ke pasar Tiongkok. Angka ini menurun sebesar 14 persen jika dibandingkan dengan Q4 pada 2016.

Dari berbagai vendor yang ada di Negeri Panda, Huawei tampak memimpin pasar dengan keberhasilan mendistribusikan lebih dari 24 juta smartphone pada kuartal ke-4 tahun lalu. Angka tersebut mengalami kenaikan 9 persen dibandingkan dengan tahun 2016. Sepanjang 2017, pabrikan tersebut juga berhasil mendistribusikan lebih dari 90 juta unit ponsel cerdas.

Analis Canalys Mo Jia mengungkapkan separuh dari dari total smartphone yang didistribusikan tersebut merupakan ponsel bermerek Honor. Diungkapkannya pula bahwa kemungkinan terjadinya kanibalisasi internal. Pasalnya, terdapat kompetisi antara merek utama dan merek lain meningkat.

Berbeda dengan Huawei yang mampu menyumbang distribusi terbesa, Oppo justru cukup berkontribusi pada penurunan distribusi di China. Merek yang selama ini mengunggulkan teknologi kamera pada smartphone besutannya itu mengalami penurunan distribusi sebesar 16 persen dibandingkan tahun 2016.

Dijelaskan lebih detil bahwa Oppo mendistribusikan 19 juta unit selama kuartal tersebut. Sementara itu, Vivo mengalami penurunan sebesar 7 persen. Akibat penurunan ini, Vivo hanya mampu mendistribusikan 17 juta unit smartphone saja dalam periode yang sama.

Sementara itu, posisi keempat diisi oleh Apple yang sebelumnya sukses mengalahkan Xiaomi yang semula menduduki posisi tersebut. Dikabarkan bahwa para vendor besar di Tiongkok akan menerapkan rencana agresif untuk menjaga atau meningkatkan pangsa pasar mereka. Hal tersebut dinilai akan membuat ruang gerak vendor kecil semakin sempit.

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!

© Copyrigth @ BeritaNet.co.id 2018
beritanet.co.id v. 0.0.0.2015