Sembarangan Terbangkan Drone di Thailand, Siap-Siap Didenda Mahal

By: IY**** | Berita IT | 10 Mar 2018 | Dibaca: 448 kali

Tak hanya Amerika dan Eropa saja yang memiliki regulasi ketat soal penerbangan drone, tetapi Thailand juga memilili kebijakan serupa. Negeri Gajah Putih itu mengatur agar setiap orang yang ingin menerbangkan drone melapor terlebih dahulu. Negara tersebut akan menindak tegas bagi pelanggarnya.

Tak main-main, pemilik akan diganjar hukuman kurungan penjara hingga 5 tahun atau denda sebesar USD 3.000 atau setara dengan Rp 40 juta. Kebijakan ini sudah mulai diterapkan pada Januari 2018. Disebutkan bahwa regulasi tersebut berlaku untuk semua drone termasuk yang memiliki bobot di bawah 250g atau drone consumer non-profesional. Sementara itu, pemerintah Thailand mengatakan sampai saat ini sudah ada 8.000 drone yang terdaftar dan menantikan penggunanya untuk mendapatkan lisensi izin terbang dari Badan Penerbangan Sipil.

Sebelum akhirnya diresmikan, kebijakan ini telah lebih dulu di uji coba pada Oktober 2017 silam. Uji coba dilakukan dengan membuat larangan menerbangkan drone hingga beberapa kilometer saat prosesi kremasi Raja Thailand Bhumibol Adulyadej yang wafat. Sementara itu, pemerintah Thailand mengatakan kebijakan terkait drone ini digulirkan sebagai upaya beradaptasi dengan semakin menjamurnya drone. Di samping itu, terus meningkatnya jumlah wisatawan juga menjadi pertimbangan lain dikeluarkannya larangan penerbangan ‘drone sembarangan’ tersebut.

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!

© Copyrigth @ BeritaNet.co.id 2018
beritanet.co.id v. 0.0.0.2015