Cegah Upaya Bunuh Diri, Facebook Kerahkan Teknologi Kecerdasan Buatan

By: Handayani | Technology | 30 Nov 2017 | Dibaca: 89 kali

Facebook dalam beberapa waktu semapat dijadikan media untuk menyiarkan aksi ekstrim yang dilakukan oleh penggunanya, salah satunya adalah untuk kasus bunuh diri. Dengan adanya hal tersebut, maka dalam waktu dekat ini Facebook diketahui telah menggunakan kecerdasan buatan untuk memindai unggahan pengguna yang berpotensi melakukan upaya bunuh diri. Jika software kecerdasan buatan itu mendapati ada pengguna yang berpotensi bunuh diri, Facebook akan memberikan tanda ke moderator. Selanjutnya, moderator akan merespon dengan mengirimkan kontak psikolog atau bahkan menghubungi orang pertama yang bisa menemukan pengguna yang berpotensi bunuh diri tersebut.

Sayangnya, Facebook tidak memberi rincian tentang cara kerja tool itu. Namun, program tersebut telah dilatih mengenali unggahan dan pesan yang ditandai oleh pengguna. Kemudian, tool ini juga mengenali beragam komentar dari pengguna lain yang menanyakan "apakah kamu baik-baik saja" atau "apakah ada yang bisa saya bantu". Selanjutnya, teknologi kecerdasan buatan itu juga memeriksa siaran live streaming yang menunjukkan bagian video yang memiliki banyak komentar, reaksi, atau dilaporkan oleh pengguna lain. Bisa dikatakan, laporan dari pengguna lain sangat penting agar Facebook lebih cepat menghapus video bunuh diri dan semacamnya.

Keberadaan tool kecerdasan buatan tersebut telah diuji coba selama empat bulan terakhir di Amerika Serikat. Kini, Facebook bahkan membuat agar tool ini juga bisa digunakan di negara lain, kecuali negara yang tergabung dalam Uni Eropa. Hal tersebut disebabkan karena undang-undang perlindungan data melarang perusahaan menilai profil pengguna dengan cara ini.

Di sisi lain, dalam unggahan di Facebook-nya, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan, ia berharap tool ini bisa mengingatkan kepada pengguna, bahwa kecerdasan buatan mampu menyelamatkan nyawa manusia.

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!

© Copyrigth @ BeritaNet.co.id 2017
beritanet.co.id v. 0.0.0.2015