Alec Muffet Mungkinkan Wikipedia Bisa Diakses Melalui Dark Web

By: Handayani | Berita IT | 30 Nov 2017 | Dibaca: 154 kali

Halaman Wikipedia kerap menjadi andalan pengguna internet untuk menggali informasi tertentu. Namun sayangnya, pengguna di beberapa negara tidak dapat mengakses laman tersebut karena adanya peraturan dari negaranya yang melarang dan mempersulit pengguna internet untuk mengaksesnya. Mengatahui hal tersebut, maka seorang pakar keamanan siber bernama Alec Muffet menciptakan versi lain Wikipedia. Muffet diketahui membuat alamat halaman tersendiri sehingga bisa diakses di dark web yang merupakan "tempat terdalam" di dunia maya.

Muffet menggunakan peramban (browser) bernama Tor yang diklaim dapat menyembunyikan identitas pengguna. Tor bekerja dengan memantulkan informasi pengguna melalui beberapa router di seluruh dunia untuk menyamarkan lokasi. Oleh karena itu, peramban ini bisa diakses untuk menyelami dalamnya dark web yang penuh dengan kegiatan ilegal seperti jual beli obat-obatan terlarang, informasi pribadi pengguna internet, dan lainnya. Meski demikian, keberadaan dark web cukup membantu bagi negara yang memiliki aturan ketat mengenai akses internet yang dapat menghalangi kebebasan berekspresi masyarakatnya.

Agar tampil di dark web Muffet menggunakan sistem bernama EOTK. Sistem itu dibuat secara open source sehingga siapapun bisa memanfaatkannya, termasuk Wikimedia. Namun untuk saat ini, alamat Wikipedia yang menggunakan domain Onion tersebut masih dalam tahap awal.
Sayangnya langkah Muffet yang membawa Wikipedia ke dark web tidak didukung oleh Wikimedia Foundation selaku pemilik layanan. Meski demikian, Muffet berharap perusahaan nirlaba tersebut bakal menggunakan solusinya atau membawa layanannya sendiri.

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!

© Copyrigth @ BeritaNet.co.id 2018
beritanet.co.id v. 0.0.0.2015