Unik, KFC di China Jajal Pembayaran dengan Senyuman

By: IY**** | Berita IT | 13 Sept 2017 | Dibaca: 189 kali

Terobosan baru dalam sistem pembayaran terus hadir. Terbaru, giliran Alipay, platform pembayaran milik Alibaba Group yang menjajal cara baru. Platform ini telah meluncurkan cara baru untuk pembayaran KFC di China, yaitu dengan senyuman. Sejauh ini, gerai KFC yang menerapkan pembayaran dengan sistem pemindai wajah demikian baru satu, yaitu berada di Hangzhou, China.

Terobosan pembayaran dengan senyuman ini merupakan hasil kerja keras Ant Financial, anak perusahaan Alibaba. Perusahaan tersebut mengungkapkan dibutuhkan waktu hingga 2 detik pemindai wajah dengan kamera 3D dan alogaritma deteksi secara langsung untuk memeriksa identitas orang yang membayar. Dalam proses itu, diperlukan pula input nomor ponsel pengguna untuk membantu mencegah penipuan.

Sementara itu, Jidong Chen, kepala teknologi identifikasi biometrik di Ant Financial menyebut menghadirkan cara pembayaran dengan pemindai wajah secara offlin bukan hal yang mudah. “Mengambil teknologi pembayaran dengan pemindai wajah secara offline bukanlah tugas yang mudah," katanya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan berbagati tantangan dalam meracik teknologi tersebut. "Tentang bagaimana kami mendeteksi saat foto seseorang dimanipulasi, saat seseorang meniru identitas orang lain dengan tidak benar -- kami mencegah hal ini dengan menggabungkan perangkat lunak dan perangkat keras dengan menggabungkan algoritme canggih dengan kamera 3D. Kami bisa mencegah penipuan biometrik," terusnya.

Ant Financial pun menyebut, algoritma ini bisa mendeteksi bayangan dan fitur lainnya untuk menguji apakah orang yang berdiri di depan kamera sebenarnya adalah seseorang, dan bukan foto atau video yang digunakan untuk mengelabui sistem pembayaran. Sementara itu, dalam video yang merinci cara pembayaran, tampak sistem ini mampu mengenali wajah pengguna dengan penampilan yang berbeda.

Dalam video itu, seorang wanita muda menggunakan mesin itu dalam berbagai penampilan berbeda mulai dari menggunakan make-up minimal, make-up berat, hingga memakai bermacam-macam wig. Hasilnya, mesin tetap bisa mengenali fitur wajah wanita tersebut dalam setiap kali transaksi pembayaran.

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!

© Copyrigth @ BeritaNet.co.id 2017
beritanet.co.id v. 0.0.0.2015