Gim Ini Bisa Dimainkan dengan Pikiran

By: Handayani | Berita IT | 30 Aug 2017 | Dibaca: 607 kali

Berbeda halnya dengan gim konvensional yang harus menggunakan joystick atau gamepad untuk memainkannya, sebuah gim yang dihadirkan dengan judul Awakening justru hanya dapat dimainkan dengan memanfaatkan pikiran. Hal inilah yang sedang dikembangkan oleh perusahaan startup kecil bernama Neurable. Baru-baru ini, perusahaan rintisan Ramses Alcaide, seorang insinyur listrik dan ahli syaraf ini mengembangkan gim yang hanya dapat dimainkan dengan mengandalkan pikiran pemainnya.

Untuk membuat gim yang tidak biasa ini, perusahaan menggabungkan kacamata VR buatan HTC dan sensor Electroencephalogram (EEG) di tujuh titik tertentu di kepala. Sensor ini akan berfungsi untuk membaca gelombang otak pengguna. Sensor EEG membantu pengguna untuk melakukan aktivitas di dalam gim. Sebagai contoh pada saat ingin mengambil bola, pengguna harus fokus mengambil bola dengan pikiran. Apabila pikiran pemain sudah fokus, maka akan muncul cahaya-cahaya kecil. Jika cahayanya mengenai bola, artinya sensor sudah mengerti maksud kita untuk mengambil bola.

Namun saat ini, fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Meski demikian, teknologi ini cukup menjanjikan di masa depan. Pasalnya, pemerintah Amerika Serikat dan beberapa perusahaan besar sedang menginvestasikan modal mereka untuk pengembangan teknologi semacam ini. Bahkan Facebook sedang mencari cara untuk memanfaatkan VR dengan lebih canggih, seperti mengetik di smartphone melalui pikiran.

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!

© Copyrigth @ BeritaNet.co.id 2017
beritanet.co.id v. 0.0.0.2015