Facebook Pensiunkan Aplikasi Lifestage

By: IY**** | Berita IT | 21 Aug 2017 | Dibaca: 331 kali

Facebook kini telah menutup aplikasi untuk remaja, Lifestage. Penutupan ini dilakukan hanya selang setahun sejak aplikasi itu digulirkan. Lifestage sendiri merupakan aplikasi dari  Facebook yang berfungsi menarik pengguna Snapchat agar menggunakan layanan dari media sosial besutan Mark Zuckerberg ini.

Aplikasi itu membatasa usia pengguna dengan rentang usia 21 tahun ke bawah. Dipensiunkannya Lifestage sebenarnya bukan kabar yang terlalu mengejutkan. Seperti dilansir The Verge, aplikasi ini memang gagal menarik perhatian banyak orang sejak kemunculannya.

Aplikasi ini pun dinilai memiliki masalah besar terkait privasi. Tidak ada jaminan bahwa yang menggunakan aplikasi ini benar-benar remaja kurang darri 21 tahun. Pengguna bisa saja berbohong dengan memodifikasi tanggal lahir. Di samping itu, konten Lifestage juga selalu dalam bentuk pengaturan publik. Dengan demikian, postingan pengguna pun selalu bisa dilihat oleh siapapun—yang artinya kurang ada ruang privasi bagi pengguna.

Sementara itu, penghapusan Lifestage mulai dilakakukan di App Store pada 4 Agustus lalu. Namun, hal tersebut baru disadari beberapa hari kemudian. Berbeda dengan kebanyakan aplikasi Facebook yang bisa dinikmati di OS Android, Lifestage tidak pernah dirilis di paltform milik Google ini.

Sebelum akhirnya dihapus, Lifestage memang kurang aktif menggulirkan update. Perbaruan terakhir diketahui pada Oktober 2016. Tidak adanya pembaharuan ini menjadi indikasi bahwa Facebook telah memiliki rencana memensiunkan Lifestage sejak lama.

Meski umur Lifestage tak panjang, aplikasi itu tidak sia-sia. Juru bicara Facebook seperti dilansir Busniness Insider mengatakan pihaknya belajar banyak dari Lifestage dan mengaku akan menggunakan pembelajaran itu dalam fitur-fitur aplikasi utama media sosial dengan 2 miliar pengguna itu. "belajar banyak dari Lifestage" dan akan "terus mengaplikasikan pembelajaran ini dalam fitur-fitur di aplikasi utama Facebook," ungkap juru bicara itu.

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!

© Copyrigth @ BeritaNet.co.id 2017
beritanet.co.id v. 0.0.0.2015