Drone Pun Tak Luput dari Peretasan (Bagian 1)

By: IY**** | Security | 04 Aug 2017 | Dibaca: 173 kali

Peretasan sampai saat ini masih menjadi hantu menakutkan di jagad maya. Keberadaannya bisa muncul kapan saja dan menimpa siapa saja tanpa pandang bulu. Tak hanya perangkat milik pribadi, tetapi juga milik instansi bahkan negara. Sialnya lagi, kini peretasan tidak hanya menyerang perangkat mobile, pc atau server, tetapi juga drone.

Penggunaan drone semakin hari memang semakin lumrah. Namun, para pemilik drone harus waspada. Pasalnya, bisa jadi drone diretas dan dikendalikan oleh hacker dari jarak jauh. Peringatan ini disampaikan oleh Kadiv Humas Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) Muhammad Akbar Marwan.

Ia menjelaskan bahwa sejak beberapa bulan terakhir ini makin sering jadi incaran hacker. Dikatakannya, para peretas mulai getol mengeksploitasi celah keamanan aplikasi dari para produsen utama drone di dunia untuk menghindari pembatasan, termasuk batas elevasi penerbangan.  Terbaru, diketahui ada ancaman hacker pada drone keluaran DJI.

Berdasarkan penelusurannya, diketahui celah yang dimanfaatkan oleh peretas. Meski pihak DJI sudah memberikan update firmware, tetai proses peretasan masih bisa dilakukan. "DJI sebelumnya memang telah mengeluarkan update firmware untuk mengatasi masalah celah peretasan ini. Namun, walaupun sudah ada update firmware ini, proses hacking masih tetap dapat dilakukan," terang Researcher Drone dan Mobile Ad Hoc Network (MANET) dari Universitas Gunadarma itu.

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!

© Copyrigth @ BeritaNet.co.id 2017
beritanet.co.id v. 0.0.0.2015