Drone buatannya rawan diretas, ini tanggapan DJI

By: IY**** | Security | 04 Aug 2017 | Dibaca: 111 kali

Tak hanya perangkat mobile dan PC yang bisa diretas, drone pun bisa mengalami kejadian yang sama. Hal tersebut diungkapkan Kadiv Humas Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) Muhammad Akbar Marwan. Warta terbaru, diketahui ancaman hacker pada drone keluaran DJI.

Menanggapi hal tersebut, Victor Wang, Direktur Keamanan Teknologi DJI pun mmberikan tanggapan. Ia  menyatakan bahwa fitur geofencing DJI dirancang khusus untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang data zona larangan terbang agar tidak membahayakan pesawat terbang. Mengingat ancaman peretasan itu, ia pun mengatakan bahwa DJI akan terus memantau modifikasi drone yang bisa mengancam keselamatan umum.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa pengguna drone garapannya tidak disarankan untuk melakukan modifikasi firmware. Hal tersebut lantaran berpotensi menyebabkan perilaku penerbangan yang tak stabil dan bisa membuat pengoperasian drone yang tidak aman.

Secara tegas, ia bahkan mengutuk pengguna yang coba-coba mengubah drone miliknya untuk penggunaan ilegal. "Memodifikasi firmware DJI tidak disarankan, karena dapat menyebabkan perilaku penerbangan yang tidak stabil yang bisa membuat pengoperasian drone tidak aman. DJI tidak bertanggung jawab atas kinerja drone yang dimodifikasi dan kami sangat mengutuk pengguna yang mencoba mengubah drone mereka untuk penggunaan ilegal," paparnya.

Penggunaan drone pun ada aturan mainnya. Pengguna yang akan melakukan hal tersebut dapat membuka daftar zona ini menggunakan sistem GEO DJI atau dengan mengirimkan permintaan ke perusahaan melalui email. DJI punmenambahkan bahwa ia menyediakan software development kit (SDK) yang telah disesuaikan dengan platform drone keluarannya.

Sementara itu, Akbar juga mengimbau agar para pengguna drone di Indonesia tidak melakukan modifikasi perangkat lunak karena bisa membahayakan keselamatan. Ia pun mengajak para pengguna drone untuk menggunakannya sebagai sarana meningkatkan sumber daya manusia dan bukan untuk membahayakan orang lain.

“Mari kita gunakan kemampuan drone ini untuk membuat peluang-peluang yang baik demi kemaslahatan bangsa dan meningkatkan daya saing sumber daya manusia Indonesia di dunia. Jangan membahayakan orang lain," imbaunya.

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!

© Copyrigth @ BeritaNet.co.id 2017
beritanet.co.id v. 0.0.0.2015