Tiongkok Gagal Luncurkan Roket Antariksa

By: IY**** | Berita IT | 08 Jul 2017 | Dibaca: 2061 kali

Tiongkok harus bersabar sejenak untuk misi ambisiusnya di sektor luar angkasa. Pasalnya, roket  Long March-5 yang sedianya diluncurkan gagal. Roket tersebut rencananya akan membawa satelit komunikasi eksperimental ke orbit.

Roket itu dijadwalkan meluncur pada pukul 07.23 malam waktu setempat pada dari p usat peluncuran roket Wenchang di pulai Hainan, Tiongkok Selatan. Namun, 40 menit pasca peluncuran, kantor berita Xinhua melaporkan peluncuran gagal. Penyebab kegagalan masih belum diketahui.

Sementara itu, roket yang dinamai Chubby 5 itu diklaim sebagai salah satu roket terbesar yang pernah dibuat Tiongkok. Diameternya mencapa 5 meter dan tinggi 57 meter. Roket ini dirancang khusus untuk mengangkut kargo ke luar angkasa. Bobotnya pun mencapai 25 ton. Dengan bentuk yang jumbo itu, roket ini mampu mengangkut dua kali lipat beban dibadingkan generasi sebelumnya.

Sementara itu, Johnson-Freese, profesor di US Naval War College sekaligus pengamat program luar angkasa Tiongkok menilai kegagalan kali ini mengakibatkan tertundanya seluruh program luar angkasa ambisius Tiongkok, termasuk misi pendaratan di Bulan. Hal ini mengingat roket tersebut merupakan kunci untuk misi luar angkasa Negara Tirai Bambu itu untuk membawa robot dan manusia ke Bulan.

diggdel.icio.usfacebookredditstumbleuponTechnoratiYahoo Buzz!

© Copyrigth @ BeritaNet.co.id 2017
beritanet.co.id v. 0.0.0.2015